Sejarah dan Pengaruh Tol Cipularang

Jalan Tol Cipularang adalah salah satu jalan tol yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung yang terkoneksi oleh jalan tol Cikampek dan Cileunyi. Awalnya, jalan tol ini dibangun dalam rangka menyambut KTT Asia-Afrika untuk memperingati 50 tahun KTT Asia-Afrika di Bandung tahun 1955. Proyek ini diprakarsai oleh ibu Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003 dan ditargetkan mampu beroperasi April 2005 untuk menyambut KTT Asia-Afrika. Oleh karena itu, proyek jalan tol ini dikebut oleh Jasamarga dengan cara dibangun dari 2 tahap.

Jalan tol Cipularang selesai dibangun menjelang KTT Asia-Afrika dan pembangunannya sepanjang 54 km. Saat pembangunan, terjadi beberapa peristiwa mistis yang membuat bulu kuduk merinding, yaitu ketika kontraktor jalan tol tidak bisa membelah gunung Hego untuk mempersingkat jalan tol karena menurut kepercayaan warga setempat, gunung Hego merupakan tempat pesugihan orang yang ingin kaya. Alhasil, kontraktor harus membangun jalan tol memutar dan di dekat gunung Hego, dibangunlah masjid nan megah untuk mengusir makhluk halus.

Jalan tol ini selesai dibangun pada 2005 dan awalnya, para delegasi akan melewati jalan tol ini menggunakan bus. Namun, banyak delegasi menilai jalan tol ini tidak aman karena melewati rintangan terjal sebagai jalan tol dan, para delegasi memutuskan untuk menggunakan pesawat Garuda Indonesia dalam rute Jakarta Halim Perdanakusuma - Bandung Husein Sastranegara. Jalan tol Cipularang merupakan jalan tol dengan pembangunan tercepat di Indonesia. Jalan tol ini juga memiliki tingkat keekstriman tertinggi sebagai jalan tol di Indonesia. 

Sekitar 1-2 tahun pertama peresmian jalan tol ini, terjadi 2 peristiwa longsor dan akhirnya, truk berat dilarang melalui jalan tol ini. Jalan tol Cipularang membatasi pengendaranya untuk melajukan kendaraan dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 80 km/jam untuk keselamatan. Untuk mobil sejenis Avanza diharapkan untuk tidak mengebut cepat di jalan tol ini karena mobil akan bergoyang dan kasus akhirnya akan seperti kasus Saipul Jamil yang mobilnya terguling dan menewaskan istrinya. Para pengendara diharapkan untuk lebih berwaspada di km 90-100 karena terdapat tanjakan dan turunan tajam serta angin berhembus kencang.

Terlepas dari tingkat berbahaya jalan tol ini, Jalan tol Cipularang sangat berjasa dalam perkembangan ekonomi Bandung. Semenjak jalan tol ini dibuka, jumlah turis yang berkunjung ke Bandung meningkat tajam dan waktu tempuh dari Jakarta bertambah singkat, hanya sekitar 2-3 jam saja dari yang tadinya 5an jam melalui Purwakarta/Puncak. Pasca jalan tol ini dibuka, kota Bandung mengalami booming luar biasa dan bistro-bistro di Bandung mulai didirikan. Kini, banyak warga Jakarta yang menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata walau hanya 1 hari ketimbang berwisata ke Anyer. 

Atas pembangunan tol Cipularang ini, penulis ingin menjabarkan keuntungan dan kerugian dari pembangunan tol ini :

Keuntungan : 

1. Mempercepat pembangunan ekonomi Bandung dan sekitarnya karena terkoneksi secara langsung dengan pusat ekonomi Indonesia, Jakarta.
2. Mempersingkat waktu tempuh perjalanan Jakarta-Bandung dari 5 jam menjadi hanya 2-3 jam saja.
3. Booming jumlah agen shuttle Jakarta-Bandung pp seperti Cipaganti dan shuttle yang menghubungkan Bandung langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta.
4. Jalan tol ini melatih kecepatan dan pembangunan infrastruktur Indonesia karena hanya dibangun selama 1 tahun saja. 

Kerugian : 

1. Industri peristirahatan di jalan Purwakarta dan Puncak banyak yang gulung tikar, imbas dari berkurang drastisnya pengendara yang melalui ruas jalan ini. 
2. Dikabarkan kualitas produksi teh sepanjang Cipularang menurun akibat polusi yang disebabkan kendaraan yang melalui Cipularang.
3. Pembangunan jalan tol ini dinilai menyebabkan turunnya kualitas lingkungan hidup di sekitarnya karena jumlah pohon berkurang. 
4. Imbas dari pembangunan jalan tol menyebabkan Bandung berkembang dengan pesat sehingga kondisi lingkungan hidup Bandung semakin buruk.

Pada akhirnya, jalan tol ini dapat memberikan kontribusi besar bagi ekonomi Indonesia. Kerugian dapat ditekan dengan beragam cara, yaitu :

1. Industri peristirahatan dapat mengalihkan bisnisnya menuju rest area jalan tol dan ke area yang lebih ramai penduduk. 
2. Pemerintah melakukan uji emisi kendaraan agar polutan yang dihasilkan tidak terlalu merusak tanaman teh.
3. Penanaman pohon digalakkan sepanjang jalan tol dan penggunaan energi terbarukan untuk penggunaan listrik jalan tol. 
4. Pengendalian jumlah bangunan dan RTH di kota Bandung.


Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Makasiih, bantu banget buat baha guiding heheh

    ReplyDelete
  3. Thanks for infomation

    Oh iya tapi ada keangkerannya juga ditol cipularang ini,,,,,

    Tips dari saya apabila kalian yang ingin melakukan perjalanan dari jakarta ke bandung atau sebaliknya, kslian harus tetap waspada dan selalu berdo'a sesuai agama dan kepercayaan masing masing��

    ReplyDelete
  4. Penarikan paling Tercepat di DetikTrade
    Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 menggunakan bank lokal
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
    1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
    2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal
    3. Teregulasi di FCA UK
    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
    5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
    6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Kunjungi website kami DetikTrade
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    WA : 087752543745

    ReplyDelete

Post a Comment