Thailand 2014, A Whole Number of Best Experiences....! ( Prolog )

Assalamu'alaikum
Salam sejahtera

MARHABBAN YA RAMADHAN
Berhubung udah mulai bulan puasa

#KANGENKANGENBANGET
#LOVEAPTJSO2014
#BESTTIMEINMYLIFE

Singkatnya aja, gue baru balik dari Thailand kemaren malem, 29 Juni 2014 jam 8.30 dan sampe rumah jam 10 gara-gara kelamaan nungguin bagasi-_-. Oh iya gue ke Thailand buat apa.. Gue ke Thailand dalam rangka mengikuti sebuah kegiatan akbar sejagat Asia Raya yang diselenggarakan oleh ASEAN + 3 Center for the Gifted in Science ( ACGS ) yang ketuanya adalah orang Korea namanya Prof. Sang Chun Lee. Sayangnya dia ga bisa dateng ke acara di tahun ini-_-..

Acara itu adalah....

THE 3rd ASEAN PLUS THREE - JUNIOR SCIENCE ODYSSEY ( APT JSO ) 2014
National Science Museum, Technopolis, Klong 5, Klong Luang, Pathum Thani, THAILAND

Iyak bener sekali itu nama acaranya bung dan dari Indonesia ada 2 tim yang dikirim ke sana, yaitu tim Indonesia A dari SMPN 252 Jakarta Timur dan Indonesia B dari SMP Labschool Kebayoran. Dari INDONESIA A anggotanya ada Elta, Fira, sama Ema. Sebetulnya ada nama lengkapnya di lembar panduan APT JSO cuma gue males ngeliat karena harus ngambil di kamar. Nah kalo dari Labsky itu ada :

a. FADHLAN Ramadhan Sahid
b. Muhammad AHSAN Nurrahman
c. Rezkita Rasyid ( TITA ) *tapi di manifes lomba namanya Rezkita Ikbal

Semua perjalanan ini berawal dari keputusasaan, kenapa?

Saat itu, sekitar awal April 2014 dan sebentar lagi akan ada pengumuman Studex International dan Misbud 2014 untuk angkatan 12. Tapi, gue merasa tidak ada apa-apanya karena gue ga diijinin ikut studex karena biayanya yang meroket, saat itu estimasinya 45 juta. Anda tahu sekarang ke UK berapa? Sekitar 60 jute! Hanya Melbourne yang biayanya masih di bawah 45 juta. Misbud kurang tau deh jadi maap heheh.

KAMIS saat itu adalah pengumuman di mana gue ngeliat anak-anak 12 seneng kebirit batas dan ada yang air matanya tumpah saat itu juga. Dan saat itu gue hanya bisa terdiam melihat kesenangan mereka yang sudah tahu akan pergi ke mana, terlebih temen SD gue alias Jihan dan Aufa ke Melbourne, Nafi ke UK, dan Rara ikut Misbud ke Spanyol. Nah di tengah keputusasaan itu, miss Lesi nawarin gue untuk ikut lomba namanya APT JSO. Gue tau namanya karena Labsky sempat tersohor atas prestasi dari Kak Garda, Athif, dan Gian tahun 2013 silam. Setengah putus asa, gue ambil formulir itu dan ortu gue ngijinin gue untuk ikut tes seleksi APT JSO 2014 yang tulisannya di form itu tempat lombanya ada di SUVARNABHUMI. Tarifnya waktu itu sekitar 19 juta, dan diijinin ikut yay.

Gue ikut tes seleksi itu saat hari Jumat ketika sedang ada Pra-OL#13 dan gue selaku mentor harus ikut kegiatan itu. Tapi, jelang jam 10, gue pamit sama Aufa dan Talitha kalo gue mau ikut tes itu. Perlahan-lahan, mulai banyak yang dateng ikut tes dan akhirnya tes dimulai.. Model tesnya tuh ada pilihan ganda dan ada pilihan ganda yang harus ada alasan memilihnya. Gue agak keleyengan di situ, tapi hasil gue belajar Biologi malem sebelumnya keluar dan gue seneng. Masalah gelombang-gelombangan itu gue ga bisa dan hanya pasrah aja, terlebih waktu Yafie bilang jawaban gue salah berdasarkan statement dari Master Fisika Mas Akmal Muzakki Utomo.

Senin depan katanya pengumuman. Gue udah siap buka email di rumahnya jauhar pas ngerjain film KJ. Tapi apa yang terjadi? Email tetep dikirim, tapi isinya PENGUMUMAN PESERTA APT JSO DITUNDA fine sekali bung-_-. Dan gue tetap bersabar.. Hingga balik dari ngasuh adek kelas #13 yang jadi pesol buat OL di Puncak, gue buka gmail hanya iseng aja dan ada email dari Miss Lesi yang dari depannya aja udah keliatan bakal ngasitau nama-nama yang ikut lomba APT JSO. Gue degdegan setengah mati. Gue baca Al-fatihah sebelum buka dan ini hasilnya :

"Assalamualaikum, berikut saya sampaikan nama-nama siswa yang lolos dan menjadi cadangan untuk lomba APT JSO ke-3
1. Fadhlan ramadhan Sahid 8D
2. Muhammad Ahsan Nurrahman Aksel 1
3. Rezkita 8A

*juga dilampirkan cadangan, tetapi untuk menjaga perasaan mereka, hendaknya tidak ditampilkan"

Bagi siswa yang namanya tercantum harap orang tuanya hadir dalam pertemuan dengan bu dyah selaku panitia dari APT JSO. bu Dyah akan presentasi mngenai jadwal dan biaya yang harus di tanggung peserta. jika nanti ada orang tua yang keberatan denga harga maka akan digantikan dengan peserta cadangan. Berhubung libur ujian nasional SMA, kami mohon maaf karena undangan untuk orang tuanya disampaikan lewat email. 
pertemuan untuk orang Tua hari Senin, 21 April 2014, pukul 09.00 di Lab. Biologi lantai 4. terima kasih
note:
mohon membalas pesan saya jika sudah dibaca, terima kasih."

ITU GUE SENENG ABIS DAN GUE SANGAT EXCITED SEKALI dan abis itu gue dengan napas tersengal-sengal nelepon bapak dan ibu gue buat ngasitau kabar gembira ini. Ternyata, gue gak akan cuma pelanga pelongo diem di Indonesia doang untuk mengharumkan nama Labsky. 

Kita mulai latihan demi latihan. Dari situ ketauan kalo Ahsan otaknya paling encer di antara kita bertiga. Kemudian ada latihan praktikum yang pernah dilakukan sekali pas di Labsky dan satu hari penuh pergi ke IPB untuk belajar kromatografi dan kawan-kawan. Pernah gue sampe rumah jam setengah 11 malem karena latihan praktikum selesai setengah 7 malem dan gue harus nyari taksi sampe jam 9 dan karena berhubung hujan, gue menikmati malam di taksi selama satu setengah jam dan orang tua gue pada khawatir semua #curcol.

Seneng adalah ketika lo lagi Ulum hari terakhir tiba-tiba Bu Athiyah yang akan dampingin berangkat APETE JE ES O masuk ruang ulum lo sambil nanyain "ada fadhlan / tita / ahsan nggak" dan abis itu orang tersebut disamperin sambil ditanyain mau perform apa pas Cultural Night di Thailand. Dan kita sepakat atas ketidakpiawaian Tita dalam menari, kita memilih SILAT (lagi) sebagai perform yang akan ditampilkan nanti dari tim Labsky. Hari-hari Sportive Labs cukup sibuk dengan dipanggilnya gue, Tita, dan Ahsan oleh bu Athiyah, entah mau dikasih materi sama bu Dyah selaku pelatih, disuruh latihan silat sama Pak Agung, atau diskusi tentang poster. Kita mulai bikin poster seminggu sebelum berangkat dan dilanjutkan pada suatu hari ketika ...

Gue memiliki LIMA kegiatan dalam satu hari, dimulai dari latihan Lalinju, latihan silat APTJSO, ngurusin AKSI 2014, ikut Tarhib Ramadhan di Labscib, dan pulangnya langsung jemput Ahsan bareng Tita di rumahnya Ahsan yang hanya 25 langkah dari SD gue untuk ngurusin poster sampe jam setengah 8 malem-_- tapi progressnya udah 85%.

Dan poster pun jadi esok harinya dan diprint jam 9 malem untuk diambil Ahsan.

Setelah penantian 2 bulan yang kerasa 'agak cepet', hari itu pun tiba....



Comments

  1. Gmn kak hasilnya? Btw itu teamnya diacak gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah tim gue dapet :
      1. Gold Medal bidang Lab Skills Assessment ( Chemistry )
      2. Silver Medal bidang Poster Presentation ( Subak )
      3. Bronze Medal a.n. Rezkita bidang Group Project Presentation ( kelompok group project itu diacak dari berbagai negara. Nah timnya kak Tita dapet perunggu )
      4. 3rd Winner of Overall Performance ( di bawah Filipina A sama Taiwan A )

      Yang diacak itu pas mau group project presentation ( satu tim ada berbagai anak dari beberapa negara )

      Delete

Post a Comment