Tips Sehat Batin

              Sudah 5 bulan saya bersekolah di SMP Labschool Kebayoran. 5 bulan berlalu dengan sangat cepat. Tak terasa, saya dan kawan-kawan akan segera menghadapi ulangan umum. Banyak pengalaman tak terlupakan yang saya alami dan bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Tips yang akan saya berikan kepada kalian akan bermula dari pengalaman saya saat LFSD hingga detik ini. 

Berikut adalah tipsnya :

1. Tidak perlu sungkan berkenalan dengan teman baru. Jika Anda tidak mencoba, maka Anda tidak pernah tahu gambarannya akan seperti apa. So, ayo tambah kawan baiknya...

2. Usulkan ide kreatif dalam tiap saran yang kita keluarkan. Ide kreatif ini akan membuat kita lebih identik dibandingkan orang lain. 

3. Berani bertanya dan selalu pede. Dalam menghadapi setiap situasi, Anda harus mengerti dan pede dalam menjalani setiap pekerjaan.

4. Mulailah segala hal positif dari diri Anda sendiri. Jangan menunggu hingga orang lain harus mengerti keadaan kita. Mungkin, mereka tidak mengerti keadaan kita.

5. Selalu menyapa dalam setiap pertemuan dengan teman-teman / guru / dst karena menyapa akan meningkatkan rasa kekerabatan dalam diri kita semua. 

6. Berjiwa sosial tinggi. Hal ini berguna agar kita dapat mengetahui kondisi orang lain apabila mereka dalam masalah. Suatu saat, kita pun bisa membantu dan mendapat imbasnya.

7. Selalu mengobrol ria dengan teman-teman pada saatnya. Hal ini akan menimbulkan kekerabatan dan kita akan didekati oleh banyak teman. 

8. Jangan cengeng dan memilih teman. Hal ini akan merugikan diri anda karena orang lain akan memberi kesan bahwa anda orang yang tidak suka bersosialisasi.

9. Meminta maaf bila berbuat kesalahan. Setelah meminta maaf, perasaan kita akan menjadi lebih tenang karena masalah yang ada sudah dimaafkan. 

10. Mematuhi aturan. Di Labschool, banyak peraturan yang telah dikeluarkan untuk menertibkan siswa. Alhasil, kegiatan di Labschool lebih tertata rapi. 

11. Tetap patuhi aturan agama. Dalam setiap hal yang kita jalani, pasti Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melihat aksi yang kita lakukan. 

12. Jangan terlalu kaku. Ikutilah tren mode sembari memegang teguh aturan-aturan yang ada. Hal ini akan menyenangkan dunia dan akhirat kita. 

13. Jangan eksis karena gaul saja, tetapi juga harus diiringi dengan kemampuan diri agar kita semakin eksis tanpa menghilangkan kemampuan kita. 

14. Jangan Sok Kenal Sok Dekat. Hal ini akan menyebabkan orang lain risih karena kita terlalu dekat dan kemungkinan besar orang lain akan menjauhi kita. 

15. Tambahkan ilmu dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Orang lain akan senang mengobrol dengan orang yang berilmu. 

16. Jangan sombong dengan prestasi yang telah diraih. Kita harus tetap belajar. Ingat, Tuntutlah ilmu dari lahir hingga mati. Atau ilmu kita akan tersalip dengan orang lain. 

17. Jangan pernah meminta fasilitas karena semua kemampuan berawal dari diri kita sendiri. Walau diberi fasilitas tapi kita malas akan percuma saja. 

18. Jangan berpikir yang aneh-aneh karena akan mengganggu konsentrasi kita. Usahakan agar sebagian besar kemampuan dikerahkan untuk belajar. 

19. Pandai mengisi waktu. Kemacetan jalan dan waktu menunggu jemputan bisa dimanfaatkan  untuk belajar terlebih dahulu.

20. Pandai mengatur waktu. Jadwalkan segala kegiatan dengan efektif dan fleksibel agar kita juga dapat belajar tanpa stress karena tidak bisa bermain. 

21. Bersikap yang baik-baik saja. Hal ini sangat berguna tentunya.

22. Jangan pernah meng-copy paste karya orang lain karena kreativitas kita akan kurang berkembang. Jadilah pelopor dalam setiap langkah kehidupan. 

23. Jika ada masalah, jangan malu-malu bercerita karena akan mengurangi beban mental yang kita alami. Lebih baik pikiran jernih tanpa hambatan kan?

24. Bersikap humor karena orang akan senang berteman dengan orang yang lucu dibandingkan dengan orang yang kaku / pemarah.

25. Berusaha untuk memfiltrasi dan mengkombinasikan kebijakan agar lebih win-win solution. Orang akan senang berteman dengan orang yang bijaksana. 

26. Jadilah orang yang melakukan kegiatan yang dilandasi oleh ilmu sehingga ketika ditanya kita mampu mengajari orang lain tentang ilmu tersebut. 

''....HIJRAH TIDAK PERNAH BERAKHIR HINGGA TAUBAT, dan TAUBAT TIDAK PERNAH BERAKHIR HINGGA MATAHARI TERBIT DARI BARAT....''

Semoga saran yang saya berikan bermanfaat tidak hanya bagi warga Labschool saja, tetapi bermanfaat bagi seluruh umat manusia. 

Salam..!

Fadhlan Ramadhan Sahid

Comments

Post a Comment