KALAM 2012

Kisah ini kayaknya udah lama banget, tapi gua ga ngepost karena beberapa minggu setelah KALAM gua fokus untuk selesaikan blog gua tentang Jepang. Akhirnya gua akan bercerita secara detail dan semoga tangan gua kuat ngetik panjang dan mata kalian kuat baca posting gua kali ini. Ok dan kita langsung ke TKP..!!

KALAM 2012

KALAM adalah akronim dari Kajian Islam Ramadhan, sejenis pesantren kilat namun namanya saja yang diubah. KALAM merupakan kegiatan kelas 7 kedua setelah LFSD. KALAM 2012 dilaksanakan dari tanggal 2 Agustus-4 Agustus 2012. Oh ya, gua akan meng-introduce tentang kelompok gua terlebih dahulu :

Mentor     : Kak Andika Pandu Nugroho, OSIS bidang Wawasan Global #10
Capsis      : Kak Gardahadi ( kini menjadi OSIS bidang Pendidikan #11 )

Anggota   : 
1. Fadhlan Ramadhan Sahid  ( Ketua kelompok )
2. Rafdan Affan Ahmada
3. Fathan Amartya Mahardika
4. Robby Irvine Surya
5. Farrel Arifandry Andryas
6. Rayhan Darmawan
7. Adiarka Soedijarto Adnan
8. Indhika Dimas Putraditama
9. Ariq Naufal Trisarjono
10. Mikail Azizi Baswedan

Kebetulan banget gua sekelompok sama Rafdan dan gua seneng karena awal-awal gua di 7B gua deket sama dia. Hingga kini, faktanya gua ga kenal sama Rayhan Darmawan. Gua penasaran...

Sebelum KALAM, kita dibrief oleh kak Dika mengenai yelyel, ketua kelompok, dan desain nametag. Untuk desain nametag, gua meminta Farrel untuk merancangnya. Tadinya gua juga pengen ngurusin nametag, tapi Dimas minta agar gua yang bikin yelyel mengingat yel-yel yang gua buat waktu MOS itu dibilang *katanya* paling unik dan kocak. Itu warisan terakhir gua waktu MOS karena malemnya gua go abroad dan masuk lagi tanggal 26 Juli 2012. Kok malah jadi curhat ya-_-. Sorenya, gua langsung desain yel-yel dan gua ambil dari nada lagu Maher Zein-Insya Allah karena memang temanya Islami wong lagi bulan Ramadhan.

Yel-yelnya pun jadi dan baru gua publish ke seluruh anggota waktu KALAM hari pertama. Hari terakhir mentoring, nametag yang dirancang Farrel sudah siap dengan beberapa revisi. Nama kelompok gua Al-Fatihah ( karena kelompok gua kelompok 1 ) dan nametagnya berbentuk ka'bah ( jadi ga nyambung dengan nama kelompok gua ). Keuntungan format nametag ini yaitu buatnya gampang dan gua membuat nametag itu dalam waktu 2 jam saja. Bandingkan dengan ketika gua buat nametag LFSD yang lamanya 6-7 jam. Gua melakukan berbagai persiapan dan hari yang ditunggu pun tiba.

DAY 1  Kamis, 2 Agustus 2012
Opening Ceremony KALAM 2012

Pagi itu, gua tiba di sekolah pukul 6 pagi dan menuju aula lantai 4 untuk pembukaan. Di sana udah ada beberapa anak yang dateng dan makin lama makin banyak murid yang dateng. Pak Arief Rahman langsung memberikan materi sebelum pembukaan karena beliau akan ada acara. Kocak dan interaktif, itulah kesan gua terhadap beliau. Kemudian, kita memulai pembukaan KALAM 2012 dengan pemakaian nametag dan sambutan-sambutan. Terus Rara baca kalam Illahi dan Daffa Ananda baca saritilawah. Ok dan hari pertama berkesan bagi gua. Kita shalat zhuhur bareng dan sama-sama berpegal-pegal ria mendengarkan materi. Oh iya, kita disuruh menghafal Asmaul Husna, Zikir dan Doa setelah shalat, dan beberapa surah pendek.

Untuk surah pendeknya, gua bisa langsung lunasin semua karena udah diajarin di SD. Asmaul Husna dan doa kayaknya yang agak ruweh karena gua ga hafal. Dan doa yang dipake di Labschool itu sangat berbeda dengan doa yang gua pake di MUMA. Doa yang dipake di Labsky itu panjangnya luar biasa. Hampir 3 kali lipatnya doa di SD gua. Ok that's fine dan gua hafalin semaksimal yang gua bisa. Kita nyetor hafalan saat mentoring. Hari ini, yelyel kelompok gua akan didemonstrasikan. INSYA ALLAH judulnya. Kalau waktu MOS namanya Sportiflah Kalau Begitu. Yelyel yang gua buat pun mendapat sambutan meriah dari teman-teman. Kali ini suasananya syahdu. Hehe. Setelah shalat Ashar, kita pulang ke rumah masing-masing karena hari pertama KALAM tidak nginap di sekolah. Kami akan menginap pada hari ke 2 dan ke 3

DAY 2 Jumat, 3 Agustus 2012
Fantastic Experiences

Kali ini, gua datang ke sekolah membawa koper dan tas ransel dan kesemua tas itu diminta untuk ditaro di hall basket. KALAM pun dimulai dan kita mulai dengerin ceramah lagi. Kaki pegel pegel tuh. Nah, di hari kedua ini Daffa Ananda 7D mulai memperlihatkan kepedeannya dengan sering bertanya dan maju ke depan. Kisahnya hampir sama dengan gua saat SD sebagai seorang orator. Bagus banget dan gua kasih applause semaksimal mungkin. Behind the scene, orangnya sederhana walau dapet komplain dari temen-temen karena  *katanya* kepedean dan mementingkan diri sendiri. Terlepas dari hal tersebut, gua nyatakan applause terhadap DAFFA ANANDA RIALDO.

Kami bersiap shalat Jumat sekitar pukul 11.40an dan menuju masjid. Dalam perjalanan menuju masjid, gua bertemu Oka dkk yang nonmuslim baru saja / akan mengadakan fieldtrip. Sampai masjid, ya dengerin khutbah dan akhirnya kita shalat Jumat di kala KALAM 2012. Sangat mengesankan dan ketika kami kembali ke aula, lampunya dimatiin dan ketika akan ke belakang panggung, OSIS MPK pun muncul dan kami kelabakan dan duduk lagi. Penderitaan pun dimulai lagi karena kaki gua pegel duduk sila lama-lama. Baru nyelonjor bentar, BN kak Ara dateng suruh gua sila. Seep. Nah saat itu pak Ucok memberikan materi tanpa powerpoint dan beliau bertanya, ada yang tau Nurtanio. Gua tunjuk tangan dan menjelaskannya. Seneng banget gua bisa menjelaskan dan riuhnya tepuk tangan. 

Menjelang maghrib, kita berkumpul di hall masjid untuk berbuka. Gua duduk hadap-hadapan dengan Shafa dan Fathan. Waktu berbuka pun datang dan takjil yang ada di hadapan gua langsung ludes dalam 3 menit. Kemudian kita bersiap shalat Maghrib dan setelah itu, kita bersiap untuk makan berat. Gua makan bersama beberapa anak di ruang Fisika lt.1 pak Mustofa yang merupakan ruangan tercanggih di Labsky. Lezat dan tentunya kenyang. Alhamdulillah. Kemudian gua bertemu dengan kakak gua yang lagi main ke Labsky. Kemudian, kita shalat Isya' disambung tarawih dan witir. 

Setelah shalat Isya', kita dengerin anak kecil yang umurnya baru berapa tahun gua lupa dan ceramahnya bagus banget. Lebih dari gua waktu SD. Ceramahnya juga kocak dan kayaknya anak-anak duduknya makin  mundur deh. Karena anak itu lucu, kita semua ngakak. Setelah itu, pendamping yang kayaknya bapaknya itu ceramah juga tapi nggak lucu. Sebelum dengerin ceramah dari kedua orang tersebut, kita nyanyi yelyel buatan pak Mus. Syairnya gua masih inget. Nih syairnya :

RAMADHAN INI, BULAN KAJI DIRI
RAMADHAN INI, TEMPAT KITA KEMBALI
RAHMAT...MAGHFIRAH....ITKUM MINANNARI...
MINANNARI..!!!!!!!!!!

Usai mendengarkan ceramah, kita disuruh baris di depan masjid dan gua ya barislah-_- dan absen anggota kelompok gua dibantu kak Dika. Kita baris di lapangan rumput dan kak Tama mengecek kelengkapan atribut masing-masing anak. Ada aja yang ga komplit dan denger omelannya gua pengen nangis. Jangan sampe gua bernasib sama. Tapi suatu saat gua pasti dimarahin. Kak Mine itu teriak-teriak dari balkon masjid minta kita biar tertib. Kemudian kita kembali ke ruang masing-masing dan tempat gua bermalam di ruang Ekonomi lantai 2. 

Kami mulai berganti baju olahraga dan gua pikir baju olahraga bebas, ternyata baju olahraga Labschool. Ya Allah itu gua malu banget. Gua ditanya-tanyain sama beberapa OSIS MPK / Capsis Capmpk. Malunya. Akhirnya kita disuruh tidur cepat dan pukul 11 gua terlelap. Terlelap dan menikmati tidur bersama teman-teman dari kelompok 1 dan 2. Mengesankan.

DAY 3 Sabtu, 4 Agustus 2012
End of KALAM 2012

Saat itu pukul 3 pagi dan kita semua dibangunin untuk shalat tahajud dan makan sahur. Gua pun melaju menuju lapangan rumput dan kita berbaris di sana. OSIS BN pun mulai mengecek kelengkapan atribut tiap anak. Kemudian, kami berwudhu dan shalat Tahajud. Malangnya, pilek gua kambuh ditambah saat itu masih dini hari. Udaranya dingin. Ingus berceceran dan saat shalat tahajud ke 2 dari 3 kali shalat selesai, gua langsung ngibrit ke toilet dan membersihkan hidung gua. Kak Dika dateng dan saranin gua agar ke UKS. Lantas gua dianter oleh bu Shinta yang juga mengantar salah satu kakak OSIS cewe yang sakit ke UKS. Di UKS, gua dikasih obat antihistamin, teh, masker, dan tisu.

Pilek yang gua alami sepertinya sudah terkendali dan gua memutuskan untuk tetap berpuasa dan menuju plaza untuk mengambil makanan sahur. Makanan sahur nikmatnya. Tapi, gua merasa risih karena gua pake masker disangka sakitnya parah. Tapi anak-anak cuek aja tuh. Gua makan dengan lahapnya di ruang Fisika pak Mus dan abis itu kita menuju masjid untuk shalat Shubuh. Setelah shalat Shubuh, kita mentoring lagi dan hingga saat itu gua baru nyetor hafalan surah pendek dan asmaul husna menggunakan nada yang gua pelajari di SD. Gua memang berhasil menyetor hafalan lagi tapi baru zikir doang, doanya belom. Kemudian, kami diminta mandi dan bebenah barang bawaan masing-masing.

Saat itulah gua melaju ke toilet dan betapa ribetnya mandi sekaligus ganti baju di toilet yang basah. Ya Allah..... Habis itu bebenah barang bawaan kita di kelas. Kebetulan, gua nginep di ruang Ekonomi. Di depan ruang ekonomi, ada kak Tama dan OSIS lainnya lagi ngapain gitu. Kak Tama bawa gel rambut. Trus gua keluar dan diajakin ikut 'spa' kak Tama. Berhubung rambut gua masih pendek, jadi nggak usah khawatir. Rambut gua mulai diolesin gel dan gua nyantai aja, ngaso. Kak Ifal ngomong gini ke kak Tama ''Tama, adenya Panji tuh jangan lu macem-macemin''. Konon kakak gua dulu terkenal sampe adek kelasnya sangat menggenangnya. Udah selesai deh dan kita mentoring lagi di masjid. Mentoring terakhir itu gua berusaha keras untuk menghafal. Namun, apa daya. Hingga waktu habis gua belum hafal 100% doa setelah shalat. Rafdan sudah menyelesaikan setorannya. Kemungkinan gua untuk menjadi peserta terbaik pun sirna. 

Kami diminta untuk menuju plaza Labsky dan melakukan upacara penutupan KALAM 2012. Hal ini dilakukan secara simbolis dengan pencopotan nametag yang disimbolkan oleh 2 anak kelas 7. Terus kita ada beberapa pengumuman. Pengumuman anak-anak yang hafal asmaul husna, hafal doa setelah shalat, dan hafal surah pendek. Gua berdiri dalam penghargaan hafalan asmaul husna dan tak tanggung-tanggung, banyak banget murid yang berdiri. Kemudian, kita memperoleh Labstar 99 ( khusus untuk keagamaan ex : asmaul husna, tarawih+witir di masjid dan khatam Qur'an full di bulan Ramadhan ). Hingga posting ini gua luncurkan, hanya ada 1 Labstar yang gua peroleh, yaitu Labstar 99. Insya Allah gua akan dapat lagi di lain waktu. Amin.

Saat pengumuman yelyel terbaik, kelompok gua, kelompok 1 menjadi pemenangnya. Alhamdulillah. Kita ke depan dan diberikan selamat dan diberi hadiah berupa pensil. Ternyata, kita suruh nyanyi Insya Allah lagi sama pak Mus. Catetan lirik lagunya gua ambil lagi di tas dan kita nyanyi bareng. Saat pengumuman peserta terbaik, diumumkan bahwa peserta terbaik KALAM 2012 laki-laki diraih oleh RAFDAN AFFAN AHMADA dan peserta terbaik KALAM 2012 perempuan diraih oleh ANINDYANARI LINTANG SARASWATI. Mereka disematkan Labstar dan diberikan semacam selendang ''KALAM'' yang tercantum nama-nama peserta terbaik dari KALAM pertama hingga kini. Selamat untuk Rafdan dan Lintang. Keduanya berasal dari 7B, kelas gua. Penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi seluruh 7B. Kini, Lintang masuk kelas Aksel 1. 

Begitu selesai upacara, kita dibubarkan dan langsung menyerbu pintu keluar. Padatnya pintu mengingatkan gua akan tes PSB lalu. Kami disambut oleh nyanyian kakak OSIS MPK juga Capsis Capmpk. Gua mengucapkan terima kasih dan menyalami kak Ifal, kak Dika, dst. Begitu keluar dari gedung Labschool, gua menemui sopir gua, pak Zaenal yang sudah menunggu beberapa lama. Akhirnya gua pulang dengan menanggung lelah dan senang. Sampai rumah, gua cerita ke ibu gua mengenai pengalaman KALAM 2012 dan gua juga bercerita kalau gua sempat masuk UKS dini hari. Karena gua kelelahan, maka gua nggak kursus bahasa Inggris KCC dulu. Saat masuk kembali, pertemanan kita pun semakin erat dan sambil mengingat pengalaman KALAM 2012 yang sulit dilupakan.

Pada akhirnya, gua ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kakak OSIS MPK, Capsis Capmpk, Teman-teman #12, guru-guru dan orang tua serta segala figur yang telah membantu gua dan kawan-kawan melalui momen ini dengan selamat sentosa. Segala puji padamu, ya Allah atas nikmat yang Kau berikan. 

Akhirulkalam, gua ucapkan selamat menikmati kisah sambil sedikit bernostalgia.
Fadhlan Ramadhan Sahid 

Comments

  1. itu salah yang kak Mine teriak-teriak dari balkon. Ngomongnya dari depan masjid.

    ReplyDelete
  2. enak hari pertama gak nginep
    #13 nginep hari pertama dan kedua

    ReplyDelete

Post a Comment