Masa-masa SD di Muma #49

Hari ini, ada PSB SMP Labschool Kebayoran dan kira-kira 1 tahun yang lalu, gua juga ngalamin rasanya berjuang menjawab soal psikotes dan tes akademik Labsky yang tingkat kesulitannya lumayanlah. Alhamdulillah gua bisa masuk Labsky bersama 213 kawan Labsky #12. Kini, gua mau cerita pengalaman gua saat masih di SD Muhammadiyah 5. Lumrahnya, ada pengalaman senang, juga ada pengalaman sedih. Rasanya campur aduk saat pengumuman kelulusan. Gua sangat terharu bagaimana rasanya saat baru masuk Muma tahun 2006 hingga diwisuda 6 tahun kemudian. Dari yang tadinya sangat polos menjadi matang menuju dunia SMP. Kisah selengkapnya mari kita saksikan

Langsung ke TeKaPe...!!

Kisah Tak Berujung, Muma#49

Kalo ngomongin tentang Muma, nggak ada abis-abisnya. Banyak kisah yang angkatan gua alami saat masih menjadi bagian dari Muma. Mulai yok langsung dari kelas 1..
Tahun 2006, gua diwisuda dari TK Fantasia dan berdasarkan saran ibunya Jihan yang 3 anaknya alumni Muma dan Jihan yang juga akan mengikuti jejak kakaknya, akhirnya gua masuk SD Muhammadiyah 5. Pertama kali gua masuk, ada bu Syifa dan bu Iis. Tapi, besoknya cuma ada bu Iis dan gua baru tau kalo wali kelas gua hanya 1, bu Iis saja. Bu Syifa ngajar Agama Islam kelas 1-2. Kehidupan awal gua di Muma sangat berat. Ada masuk pagi dan masuk siang. Mengapa? Karena Muma kekurangan kelas sehingga ruang kelas 1 dan 2 dipakai bergantian. Muma juga tidak menerapkan sistem Moving Class. Kalau masuk siang, biasanya gua ikut ke kantor ibu gua dulu baru balik ke Muma. 

Saat masuk pagi, masuknya jam 7 dan bubar sekolah jam 10. Abis itu ada kelas Diniyah Agama Islam yang wajib diikuti seluruh murid kelas 1/2. Baru pulang jam 11. Lain halnya kalo masuk siang. Kita masuk kalo ga salah jam 8 / 8.30 untuk Diniyah sampe jam 10an. Jam 10an sampe jam 1 siang belajar di kelas. Parahnya, homebase kelas 1C tempat gua dkk termasuk Jihan bernaung, harus dipakai bergantian dengan kelas 2. Males ngantrenya, males desek-desekannya. Gua juga salah waktu itu milih ekskul Tapak Suci dan gua ga kuat ngejalaninya. Dari kelas 1C, laki-lakinya cuma gua berdua sama Verryal walau di akhir-akhir Kemal Rayhandi masuk ekskul Tapak Suci. Saat gua kelas 1, study tournya ke Mekarsari.

Oh iya, waktu gua masih kelas 1, gua pernah dapet peringkat 2 dari 28 murid dalam 1 kelas. Ranking 1 diraih oleh Annisa K. Semester 2, ranking gua turun jadi peringkat 5. Dari semester 2 kelas 1 hingga semester 2 kelas 3 lah peringkat 3 besar didominasi oleh Nafi, Friza, dan Annisa K. Gua mah dalam periode itu paling tinggi ranking 4. Semester 1, ada murid di kelas gua namanya Tita. Tapi, dia cuma 1 semester terus pindah. Disusul oleh Luthfiah Syifa yang pindah usai semester 2. Banyak hal deh waktu gua masih kelas 1. 

Tahun 2007, gua memasuki babak baru, yaitu kelas 2 dan gua masuk kelas 2C dari 3 kelas 2. Wali kelas gua pak Wahyudi. Homebasenya yaitu ruang yang sekarang menjadi UKS dan dibelah 2 bagian. Bagian UKS dan salah satu bagian yang menjadi separuh ruang perpustakaan baru Muma. Saat kelas 2, gua udah sering ngamuk entah kenapa. Terus gua pernah kebanyakan cuti karena sakit, tapi gua ga ikut ulangan susulan. Kayaknya itu yang jadi penyebab saat gua semester 1 malah dapet peringkat 8, ranking terendah yang pernah gua dapatkan sampe sekarang. Jihan peringkat 7. Ranking 1nya Nafi. 

Waktu kelas 2, homebase kelas 2C itu cuma punya kelas 2C karena adek kelas 1 cuma ada 2 kelas aja. Alhasil kalo nunggu study tour ga perlu sesesak waktu kelas 1 di mana harus berbagi dengan kakak kelas 2. Saat gua semester 2, Alhamdulillah gua dapet ranking 5 dan Jihan dapet ranking 4. Tapi, waktu dicek lagi, nilainya Jihan dan Nafi itu sama. Alhasil Jihan dan Nafi ranking 3 mengikuti peringkat Nafi sebelumnya. Ranking gua naik jadi 4 hehe. Alhamdulillah... Masa waktu kelas 2 mulut gua pernah dijejelin kaos kaki sama temen gua ampe ibunya Jihan negur temen gua... Hahahah

Asal kalian tahu, karena gua ga kuat lagi di ekskul tapak suci, akhirnya gua pindah ke ekskul yang gak kalian kira waktu gua udah SMP : SEPAK BOLA. Gua ikut ekskul ini kurang lebih 1 1/2 tahun lah. Dan selama gua bermain bola, gua hanya pernah mencetak 1 kali gol yang benar-benar sah. Sepertinya itu gol satu-satunya gua hingga kini. Amazing..

Kelas 3. 2008/2009. Saat ini adalah klimaks ngamuknya gua waktu SD. Semester 1, hampir tiap hari gua ngamuk dan ujung-ujungnya, gua nangis. Aduh. Masa-masa di mana mental gua bener-bener ancur. Nilai gua sih turun 0,7 poin dari kelas 2 semester 2 menjadi 86. Wali kelas gua yaitu bu Rahma dan bu Rahma itu bener-bener sabar ngadepin gua. Kalo nggak percaya, tanya sama temen gua yang ex-3C Muma49. Waktu gua kelas 3, angkatan gua itu merupakan angkatan terakhir yang diajar sama bu Titi. Bu Titi ngajar ISMUBA alias agasa ISlam, keMUhammadiyahan, dan Bahasa Arab. Saat gua kelas 3, barulah gua mengenal pelajaran Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. Ulasannya ada di paragraf berikut.

Kemuhammadiyahan adalah pelajaran tentang sejarah Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam besar di Indonesia selain Nahdatul Ulama. Di pelajaran Kemuhammadiyahan ini, kita mempelajari tentang bagaimana berorganisasi, tokoh-tokoh Muhammadiyah, sejarah Muhammadiyah, struktur organisasi Muhammadiyah, dll. Sebetulnya, sampe gua lulus ini, gua masih mempertanyakan pentingnya pelajaran Kemuhammadiyahan karena mata pelajaran di Muma sangat banyak, konon bisa sampai 14 mata pelajaran. Apakah murid-muridnya kuat mempelajari sekian banyak mapel di Muma? UAS di Muma bisa selama 7 hari karena ada 14 mata pelajaran yang diujikan saat gua kelas 4 ke atas. Pelajaran Bahasa Arab masih gua bilang perlu dan itu penting. 

Semester 1, gua dapet ranking 5 dan Jihan ranking 4 dengan rata-rata gua 86. Alhamdulillah, saat semester 2, gua dapet ranking 4 dengan rata-rata 88 berhasil menggeser peringkat Jihan menjadi ranking 5. Saat kelas 3, perpisahan kelas dilangsungkan di Situ Gintung 2. Karena saat itu merupakan momen sedih di mana bu Titi akan pensiun dari Muma. Ada 4 guru yang mengajar kelas 3 angkatan gua, yaitu Pak Nurul guru OR, Ms. Rina guru Bahasa Inggris, Bu Titi guru ISMUBA, dan Bu Rahma guru seluruh mata pelajaran selain 5 mata pelajaran yang disebutkan. Saat gua kelas 1-3, ada 4 guru yang mengajar dalam 1 tingkatan. Wali kelas mengajar lebih banyak pelajaran karena belum menggunakan sistem guru bidang studi selain 5 mata pelajaran tadi. 

To be continued...

Comments