LDKS-KARISMA 2013 bener-bener LDKS

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
LANGSUNG KE TeKaPe.....!!!!!

Sekarang, blog gua usang, tiada penghuni. Jarang ngepost lagi. Kebanyakan draft. Mau cerita masa SD, kekurangan kata. Ah udahlah bagaimanapun juga untuk kawan-kawan tercinta khususnya Labsky#12 dan untuk calon angkatan 13 yang insya Allah ikut LDKS taon 2014 gua bakal ngeshare kisah cetar membahana ini ke pada kalian semua.. Selamat menikmati.

INI AGENDA LABSKY SELAMA TANGGAL 18-22 MARET 2013 :

DESTINASI #12 : LDKS-KARISMA 2013 HINGGA 20 MARET 2013
DESTINASI #11 : PIM, GANCY, SENCY alias LIBOER
DESTINASI #10 : UJIAN SEKOLAH 
DESTINASI KAKAK OSIS DRESTA : ADA YANG BERDINAS MENYELENGGARAKAN LDKS dan ADA YANG TIDAK BERDINAS
DESTINASI BAPAK-IBU GURU : ADA YANG NGAWAS US, ADA YANG NGAWAS LDKS.

Jadi, hari Senin, 18 Maret 2013 gua dateng ke Labsky dengan jadwal kedatangan yang biasa aja. Ga ada yang berubah. Paling melentang-lentong ngecek anggota kelompok sama motong hasil laminating nametag yang belom rapi. Jam setengah 7 kita ke plaza dan apel pembukaan LDKS 2013. Yang jadi maskotnya tuh Fariz sama siapa ya gua ga tau namanya yang jelas cewe. Di kanan gua Agun ketua kelompok 8 dan di kiri gua Rania 7D ketua kelompok 10. Kak Jasmine nanyain gua perihal kehadiran anggota dan walau ada yang telat, ga papalah dan kita naik ke aula.

Sampe aula, kita ada materi dari bu Indira dulu tentang self esteem ( harga diri ). Metode pengajaran bu Indira itu benar-benar asik ngasih materinya. Waktu bu Indira nyuruh kita maju nyeritain tentang teman atau lebih tepatnya sahabat saat SD yang sikapnya membawa kebaikan, gua maju dan ceritain seseorang. Itu gua plong banget rasanya. Seneng. Okeskip.

Materi berikutnya dari pak Masribi tentang kepemimpinan yang sukses. Biasalah kalo sama pak Masribi itu kita main banteng. Jadi, tangan kiri di bawah telunjuk kanan temen dan telunjuk kanan ada di atas tangan kiri temen. Kalo pak Masribi nyebut 'banteng', kita semua nangkep dan menghindar dari tangkapan lawan dan itu mainnya bikin deg-degan. Abis materi pak Masribi, kak Andra dan kak Fidela 'mendongeng' tentang OSIS MPK Ekadasa Drestanta Wibisana. Nah waktu itu gua ke toilet karena superkebelet pipis dan berjuang melakukan 'logat HIP' dan bisa pipis dengan aman dan damai...

Gua agak lupa snack pagi itu waktu jam berapa tapi makannya tuh harus cepet. Kakak BN dan PKS ngawasin kita makan. Snacknya dikasih. Ada klepon dan kawan-kawan.
"Perhatian seluruhnya pimpinan saya ambil alih. Duduk siap, grak!"
( tapi ada aja kisah di mana persiapannya harus diulang karena ga kedengeran banget )
" Mari teman-teman kita berdoa sebelum makan. Berdoa dimulai!" *berdoa* "Berdoa selesai, istirahat di tempat, grak!"
"Selamat makan kak"
*makan buru-buru. Klepon gua muncrat-_-.*
"Perhatian seluruhnya pimpinan saya ambil alih. Duduk siap, grak!" Mari teman-teman kita berdoa setelah makan. Berdoa dimulai!" *berdoa* "Berdoa selesai, istirahat di tempat, grak!"
"Terima kasih kak."

Abis itu shalat Zhuhur dan kembali ke aula. Makan siang dengan tema 4 sehat 5 sempurna. Kisahnya sama kaya makan snack, cuma waktunya lebih lama. Kata kakak OSIS, hari ini kita makannya lama.

Oh iya, gua mau ngucapin terima kasih ke kak Tebe yang udah ngajarin gua kalo capit udang bisa dimakan asal sampe halus sehingga tempat makanan 'bersih'. Itu ilmu baruku.

Abis itu, kita denger khotbah dari bapak Ukim Komarudin, kepsek SMP Labsky tentang struktur organisasi. udah lumrah kalo pak Ukim nerangin materi, lebih sering cerita". Ada aja perkumpulan namanya RUSH alias remaja usil siap hantam karya pak Ukim. trus ada juga band namanya Restu Ibu band-_-. itu semua ngakak abis woy..

sorenya, ada apel siang dan shalat Ashar sehabis itu kita pulang. bagi yang berhalangan bisa pulang duluan. selesailah LDKS day 1..

hari kedua, kisahnya kurang lebih sama kaya hari pertama. ada materi dari pak Tarigan tentang fungsi OSIS dalam kegiatan sekolah, kemudian ada materi tentang entrepreneurship dari om Wahyu Aditya dan uni Reno. Uni Reno itu pengusaha rendang terkenal. Nah, om Wahyu itu founder dan CEO HelloMotion. Dia ngejelasin bakat seninya secara otodidak. Dua''nya berhasil ngembangin produk inovatif lain dari yang lain. Kemudian ada materi Decision Making dari seseorang yang gua lupa namanya. Beliau itu guru di UNJ dan punya darah keluarga besar Fayka 7E. Acara makan''nya kurang lebih sama kaya kemarin. Snacknya dikasih. Barulah makan siangnya kita bawa sendiri. Temanya Avatar : air, api, udara, tanah. Gua bawanya sayuran berserat, ikan tuna goreng, nasi merah dan kentang, dan telur burung dara.

Abis shalat Zhuhur, kita semua ganti baju olahraga buat Pelatihan Baris-Berbaris. Tapi, ada insiden waktu gua turun dari masjid ke tempat kelompok 9 naro tas dan sepatu. Kak Ryo nanyain gua kaos kaki yang dia temuin di sekitar tempat kelompok 9. Gua jawab ga tau dan Kevin dateng. Kevin ditegur dan gua tungguin dia sampe selesai. Kita pun ke toilet SMA bareng-bareng. Di toilet SMA, ada kejadian lagi yang tak perlu disebutken. Akhirulkalam, kita sampe di hall basket tercinta. Angkatan 12 dibagi dalam 5 kompi. 1 kompi 4 kelompok. Kelompok gua masuk kompi 3 bareng kelompok 10,11,12. Pelatihnya kak Rio dan kak Ryo.

Pas PBB, gua berkali-kali salah. 2 kali gua melek waktu disuruh merem. Karena itulah, gua mendapatkan hadiah hukuman. Yang pertama, nametag gua hampir diambil sama kak Ryo. Tapi, sama kak Rio jangan diambil dulu nametagnya. Alhamdulillah. Yang kedua, gua dibawa kak Ryo ke pojok hall basket deket kompi 3 dan suruh push-up 5 kali. Abis itu ditanya jaminannya apaan kalo ngelakuin kesalahan sekali lagi.

"Siap, nametag kak jaminannya"
Harusnya gua jangan ngomong gitu ya. Efek sampingnya kebawa stress waktu tidur.
Lo semua harus tau gara-gara gua, nametag Kevin dan Hanif disita buat nebus kesalahan gua. Juga nametag kelompok lain.

Trus-trusan aja gua salahnya dan begitu ada suara menggelegar dari speaker
''Waktu PBB kalian telah habis''

Alhamdulillah dan kita baris lagi. Setelah beberapa kali masalah, kita selesai dan shalat Ashar berjamaah. Sebelum gua pulang, gua latihan PBB bareng Fariz, Akmal, Rasya, Nafi, Fadhil, dkk. Salah lagi. Malemnya, latihan PBB bareng kakak gua dan banyak salahnya juga. Bismillah aja deh buat besok.

Rabu pagi, berangkat ke Labsky menggunakan baju angkatan. dengan perasaan dagdigdug. Latihan PBB lagi dan setengah 7, kita apel pagi. Trus ada angket keberminatan OSIS MPK dan gua isinya OSIS Rohani Islam karena gua merasa mampu dan ilmu gua memadai di bidang tersebut. Kata kak Raehan, apel penutupan LDKS yang jadi petugasnya

ANGKATAN 12
Bangga woy yang mimpin apel LDKS angkatan sendiri itu murid angkatannya juga. Yang mau jadi komandan apel dan komandan kompi 1 dan 2 ke belakang barisan untuk latihan suara. Banyak banget orangnya. Trus yang mau jadi MC ke belakang buat latihan MC sama kakak Humas. Nah yang mau jadi pembaca doa ke belakang juga buat latihan dan yang jadi pembaca doanya itu gua. Di belakang, gua malah pelanga-pelongo karena ga ada yang ngelatih. Kak Farhan kan jadi mentor di depan. Sedikit demi sedikit calon komandan gugur dan yang bikin gua heran, justru sebagian besar anak paskib gugur. Kalian semua patut tau kalo akhirnya yang jadi petugas itu

pemimpin apel : Valli Sinatrya Yusuf
pemimpin kompi 1 : Talitha Imani Kaltsum 
( sama-sama paskib, sama-sama MPK, sama-sama murid 7C )

pemimpin kompi 2 : Muhammad Hanif Renanda ( 7E )
MC : Lintang Kirana ( 7C )
pembaca doa : Fadhlan Ramadhan Sahid ( 7B ) dan baca doa itu ga seruweh MC dan komandan. Geser posisi, keluarin kertas, salam, baca doa, salam, masukin kertas, geser posisi. Selesai. Tapi, gua ga boleh takabur dan tetep latihan baca doanya yang juga ga asal baca. Gladinya sebelum apel penutupan LDKS.

Kali ini, PBBnya pagi-pagi sebelum materi. Sebetulnya gua hampir bener PBB, cuma ada 1 instruksi yang ga kedengeran sehingga gua salah sampe akhirnya gua satu-satunya murid di kompi 3 yang masih salah aja. Tapi, PBB kali ini lebih damai ketimbang kemarin. 

"Saya bangga, dari kompi kita ada yang jadi komandan kompi, yaitu Hanif. Tepuk tangan.." - Kak Rio

Waktu PBB selesai dan kita ganti baju putbir. Selesai ganti baju, gua keluar bareng Uput dan ternyata oh ternyata, gua dipanggil kak Andra. Gua ditawarin nebus nametag beberapa murid yang ada juga dari kompi gua. Di seputaran situ juga ada kak Rio, kak Adi, dan BN PKS lainnya. Gua ragu-ragu dan akhirnya, sama kak Andra disuruh buru-buru ke aula dan nyaris telat.

Begitu duduk di keraton karpet di depan meja narasumber, akhirnya materi dimulai. Pembicaranya ibu Alya Rohali alias tantenya Praya dan ibunya Jani. Materinya public speaking. Dan itu ga ngebosenin. Di akhir materi, tiap 2 kelompok kirim 1 orang buat pidato di depan teman-teman. Ada gua, Dhantyo, Daffdu, Tude, Rissa, Najma, Priska, Jani yang notabenenya anak sendiri, dan kawan-kawan. Katanya yang paling bagus tuh Dhantyo, Tude, dan Priska. Struktur pidato gua agak berantakan dan gugup. Ga papalah. Trus ada materi terakhir LDKS tentang Karakter dari seorang bapak yang gua lupa namanya. 

Kisah upacara adat makan'' kurang lebih ya samalah seperti sebelumnya. Cuma, hari ini kita bawa snack yaitu Sari Roti keju dan susu Ultra cokelat 250ml. Makan siangnya hokben. Waktu makan siang, karena ada yang ga bisa makan pake sumpit, akhirnya 1 angkatan makan pake tangan yang sebetulnya mengandung banyak bakteri abis megang sepatu dan lain-lain.

"Ya udah, sekarang semuanya makan pake tangan!.Biar solid. Kalian kan 1 angkatan.''

Bantuin temen ngabisin makanan itu hal yang mainstream. Eits, tunggu dulu, setelah makan siang, ada ritual adat kegiatan paling seru dan paling menegangkan yaitu ARGUMEN.

Para pembaca, argumen kali ini bertopik tentang pengembalian nametag. Asal anda tahu, sebelah saya, Agun  dan Rafdan berdiri bersama kawan lainnya untuk menebus nametag dirinya dan kawan-kawan. Ada Abim, Aufa, Daffdu, dan tiba-tiba, banyak yang berdiri. Ternyata yang baru berdiri itu disuruh duduk lagi. Yang bener-bener berdiri itu hampir semuanya anak paskib. Harus tegar, mengemukakan alasan rasional, dan sopan. 

"Suasana argumen udah kaya pasar aja dah'' pikir gua dalam hati. Tapi, gua ga berdiri karena bingung mau argumen apa dan ngerinya kalo nametag gua disita, gimana? Udah yang ada gua duduk sembari menyaksikan drama Korea proses penebusan nametag. Ketegangan usai ketika ada komando langsung dari kak Fidela dan pak Iman yang meyakinkan seluruh murid duduk karena post test akan dimulai. Selanjutnya, Rissa diminta maju dan melakukan pernyataan

"Kami minta, seluruh nametag angkatan kami dikembalikan. Jaminannya, bila ada nametag yang disita, jangan dikembalikan lagi" tutur anak paskib yang bermukim di 7C ini. 

Jawabannya membuat kakak BN PKS puas dan mengembalikan seluruh nametag LDKS #12. Gua ngucapin terimakasih kepada para pembela angkatan. Jaminan yang diberikan Aufa turut membebaskan 3 nametag sebelum aksi heroik oleh Clarissa Almira ini. Post Test pun dilangsungken dan setelahnya, ada pengumuman polling kakak OSIS Dresta yang ter-... gitu. Kak Rio kategorinya paling ganteng! Selamat ya...

Sesudahnya, kita ke hall basket buat gladi penutupan LDKS 2013. Kali ini, gua bener-bener latihan baca. Kelompok lain dan semua kakak OSIS udah keluar, tapi gua, Fariz, maskot cewe, Valli, Hanif, Talitha, dan Lintang Kirana baru keluar setelahnya. Buru-buru naro tas di plaza dan #12 telah berbaris dengan manisnya di plaza. Gladi kembali dilangsungken dan gua ngerasa waktu gua baca doa, kaya peserta lomba Murattal tingkat kecamatan alias bacanya tartil. Usai baca doa, gua didatengin kak Farhan ngasitau sambil senyum ketawa kalo bacanya ga perlu tartil banget. Gua dan kak Farhan ketawa. Apel sesungguhnya dimulai diselingi Adzan Ashar. Dilanjutken kembali dan akhirnya gua baca doa dengan nada normal. 

Nametag Fariz dan 1 maskot cewe udah dilepas dan dikalungkan di bahu kanan pertanda LDKS usai. Lalu, dibacaken peserta terbaik dan peraihnya adalah :

Peserta terbaik laki-laki LDKS-KARISMA 2013 diraih oleh ananda
".................I Putu Gede Wirasuta ( Tude ).............."
*Tude maju*

Peserta terbaik perempuan LDKS-KARISMA 2013 diraih oleh ananda
".................Kanisa Mirena Arifin..............."
*Kanisa maju*

Kedua mempelai peserta ini disematkan Labstar dan diberi selendang bertuliskan ''The Best Participant LDKS-Karisma". Tude#12 disematkan selendang oleh kak Andra yang notabenenya peserta terbaik tahun lalu. Nah, kak Andra#11 dulunya disematkan oleh kak Dhio. Tahun 2011, kak Dhio#10 disematkan oleh kak Adit#9. Peserta terbaik lainnya gua ga hafal deh. Selendang Kanisa#12 disematkan oleh kak Caca. Kak Caca #11 yang ikut akselerasi dan lulus bareng #10 disematkan oleh kak Syaviera#10. Peserta lainnya gua ga apal deh. Sekilas silsilah selendang LDKS Labsky.

Dengan kata akhir, LDKS usai dan kita semua ke masjid buat shalat Ashar. Bagi yang berhalangan boleh langsung pulang. Semoga hamba bisa menjadi OSIS #12 yang dapat menjadi panutan ya Allah. Amin...

Sekian
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Comments

  1. Fadhlan, lo udh follow blog gw kan? Kok blom muncul di followers gw ya? Coba tolong di follow ulang yaa. Thankss

    ReplyDelete

Post a Comment