Orientasi Day 2 : Tes Agama

Assalamu'alaikum
LANGSUNG KE TEKAPE...!!!!!!

Maap ye gua telat nulis tes agama Orientasi-Karisma 2013 cetar membahana ini karena kemarin gua kesibukan ngurusin makalah, beberapa bagian presentasi, dan naskah pidato tes bakat. Jadi, aye mao nyeritain tes agama yang merupakan kewajiban siswa Labschool yg mao jadi OSIS. Oh iye, proporsi nilai Orientasi Karisma 2013 itu 40% dari makalah alias BESOK adalah momen membahana terpana nusantara ini, 25% lari bleep dan menjadi kartu as gua, 25% tes agama, dan 10% tes bakat ( dikit amat ), penilaian kakak mentor dan guru. Ya udah deh. Tes agama itu apa aja? ada asmaul husna yang notabenenya udah dikasitau dari jaman megalithikum Kalam 2012 kalo tes seleksi OSIS bakal ada asmaul husnanya, trus ada tilawah alias baca Al-Qur'an, praktik shalat, dan zikir + doa setelah shalat. Kalo kita udah nguasain dari awal masuk Labsky sih tes ini ga bakal jadi masalah, toh kita pake sehari-hari untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

Pagi itu, gua berangkat agak telat. JAM 09.20an broh!!! Yang bikin masalahnya tuh JALAN CILEDUG RAYA DEPAN KOMFLEK GUA MACHET BANGET dan NGULAR AMPE DEPAN JALAN MASUK KOMPLEK YANG BUKA 24 JAM dan kalo ke luar dari situ ga langsung jalan raya. Macetnya udah dari situ Allahuakbar. Gua langsung minta supir gua puter balik ke luar lewat jalan ke luar lainnya deket proyek tol JORR dan itu macetnya kaya ada konvoi Obama kemacetan ( You don't say ). Gua pun dengan welas asih alias senewen menghadang kemacetan Jakarta membahana ini. Jam 10 lebih sampe Labsky tercinta dan ternyata oh ternyata...

TES AGAMA BELOM DIMULAI dan RAKYAT LABSKY#12 PESERTA ORIENTASI-KARISMA 2013 MASIH NUNGGU PESAWAT WAKTU TES di PLAZA.....

Hati gua pun tenang dan berusaha menghafalken asmaul husna+zikir doa+bacaan shalat. Ada yang kurang? ada.... Gua ga latihan bener-bener baca Al-Qur'an dan ga belajar tajwid. Kira-kira di bawah berapa menit abis itu kita dipanggil sama kak Tebe dan kakak-kakak lainnya buat ke lantai 3. Berdasarkeun pemberitahuan di blog kakak Dresta, gua bakal tes di ruang 2, ruang Biologi Lt.3.. Kita semua pun naik tangga ke lantai 3 dan masuk ruangan tes. Gua duduk bareng Naufal 7A dan di depan gua ada Athif dan Kevin Kanaka. Kakak OSIS yang ada di ruangan gua itu kak FARHAN AULIYA ( MENTOR GUA!! ) sama kak Angga...

Kita berempat latihan Asmaul Husna dan saking kencengnya suara kita + gua nari tortor, Saras ketawa dan kak Angga gua rasa pusing ngeliat kita berempat yang heboh ini. Tak lama, Adit pun dipindah ke ruangan gua dan grup seberang segera rame dengan kehadiran 4 pentolan angkatan. Kita pun disuruh ke luar ruangan dan yang di dalem itu yang tes aja + kakak dan guru penguji. Kalian semua harus tau kalo guru penguji ruang dua itu adalah master agama Islam sangat terkenal famous membahana di Labsky. Ialah

PAK KUNCORO WIDAGDHO, S.Ag, M.Pd.

Pak Kun pun datang dan langsung masuk ruang Biologi. Seperti biasa kalo yang Apres didahulukeun. Priska dan Saras diduluken dan katanya mereka, ILMU TAJWID JUGA DITANYA..!!! Gua kira sih kaya ikhfa dan kawan-kawannya jadi selo aja. Tetep hafalin hafalan lainnya yang setia untuk dihafal sampai giliran nama gua dipanggil bersama Farrel Prabowo, Aufa, dan Ariq. Gua ngantre dulu selagi pak Kun ngetes tajwid siswa sebelumnya. Horor pun datang ketika gua dipanggil sama pak Kun dengan logat jawa sekental gula jawa. Dengan logat ngomong yang megakocak itu pak Kun nyuruh gua baca suatu ayat. Gua pun baca ayat tersebut walau awalnya agak kagok gitu deh atau jetlag. Setelah itu, gua baca dengan lancar ampe hampir keabisan napas.

Barulah pak Kun mengetes ilmu tajwid gua. Suasana tes ilmu tajwid itu lebih mirip kaya diinterogasi sama Sule OVJ. Serius tapi ngakak. Setelah melalui proses pertama yang sebetulnya lebih mirip ijab kobul yang dipaksakan, jawaban gua benar. Pertanyaan kedua, gua bingung dan jawaban gua salah. Paling seru itu waktu pertanyaan ketiga. Waktu itu, pak Kun harus dihadapkan sama 2 masalah, yaitu harus ngetes tajwid sambil ngecoh gua dan harus denger bacaan shalatnya Aufa. Ngakaknya, kalo ga salah percakapan dan waktunya tuh gini :

"Ini hukumnya apa?"
"Yang huruf apa aja?"
"Dari sini sampe sini lho"
"Alifnya masuk ga pak?"
"Saya nanya yang ini ga usah ke situ-situ."
"Hmm....."
*hening*
"Hukumnya apaan?"
*hening*
"HUKUMNYA APAAN???"
"MAD ARIDHLISSUKUN PAK"
"Allahuakbar kamu.. Kamu 1 SD ga sama dia?"
"Iya pak."
"Di mana?"
"Muma pak"
"1 kelas ga?"
"Nggak pak, tapi 1 angkatan"
"MOSOK TEMEN KAMU GA TAU INI HUKUMNYA APA"
*KETAWA*
abis itu topiknya menjelang Aufa tes shalat
"Pak, bacaan saya beda sama yang di sini pak"-Aufa
"Iyaiya saya tau. Kamu Al-Azhar / Muhammadiyah kan"-Pak Kun
*hening*
"Pak, udah bisa mulai shalat kan?"-Aufa
"Udah shalat sana!"-Pak Kun
*diem lagi dan pak Kun ngetes gua yang masih tulalit tajwidnya*
"Pak, saya mulai ya..."-Aufa
"UDAH SHALAT BURUAN SANA!!!"-Pak Kun 
*gua ngakak bareng pak Kun bareng Aufa asli itu kocak banget. Pak Kun kira-kira ngomongnya kaya gitu pake logat jawa yang ngakak parah. Gua langsung keinget kalo gua berhadapan sama ahli agama yang mukanya mirip PSY dan tontonannya Gangnam Style. Kece pak...*

Akhirnya, Aufa mulai shalat dan gua mulai dites tajwid dan gua masih tulalit juga sampe gua mutusin salah satu jawaban.
"Deal kamu ya!! Jabat tangan sama saya"
"Iya pak"
"Yakin?"
"YAKIN PAK"
"Yakin?"
"YAKIN PAK"
"Konci?"
"Iya pak"
"Bener ya"
"Iya pak"
*shiiinggg*
"Yak, jawaban kamu.............................SALAH!!!! Padahal jawaban kamu yang pertama bener. Yess gue bisa ngecoh lu... YAAYYY"

Tajwid yang keempat juga kaya begitu kira-kira. Tapi, jawaban gua bener. Abis itu gua suruh shalat Maghrib. Gua mikir kalo shalat kan niatnya dalem hati. Tapi, pak Kun nyuruh gua baca niatnya. Bacanya yang kenceng. Trus gua mulai baca Al-Fatihah dan diingetin "Iftitahnya mana?" gua ulang lagi shalatnya dan lama-lama suara gua makin kecil. Waktu gua shalat, pak Kun sama Aufa ribut-ribut gitu deh kirain ada apaan dan Aufa keluar ruangan.

Belakangan, gua tau kenapa kaya gitu. Pak Kun langsung kasih poin 5 ( poin tinggi ) karena Aufa ikut lomba MTQ dan latihan BTQ. Lagi enak-enak baca...
"WOI PELAN AMAT SUARA KAMU. KERASAN NAPA" kira-kira kaya gitu ngomongnya.
Karena kaya guntur melolong, gua malah ketawa dan lanjutin shalatnya lagi. Cuma sampe rukuk dan abis itu selesailah praktik shalat Maghrib tsb. Gua langsung tes Asmaul Husna bersama Eyang Subur kak Angga dan gua tutup kuping kaya ada ledakan nuklir. Hal serupa terjadi ketika gua tes zikir+doa sama kak Farhan. Dengan selesainya tes baca doa, gua ke luar ruangan setengah horor setengah komedi tersebut dan langsung shalat Zhuhur. Setelah shalat, kita disuruh pas foto sama kakak dokum. Karena gua udah selesai 100%, ya udah gua ambil tas dan turun leyeh-leyeh di plaza sambil ngobrol dan buka laptop ngurusin makalah.

Kak Farhan pun datang dan kita mentoring ngurusin makalah. Katanya kak Farhan, makalah gua bagus gara-gara banyak isinya dan dia ngesetting margin makalah gua karena gua ga terlalu ngerti caranya. Huft-_-.

Kegiatan hari Selasa pun selesai dan gua pulang dengan perasaan harap-harap cemas dengan nilai tes agama gua. Semoga aja bagus dan gua bisa lolos ke babak OL. Amin....

Wassalamu'alaikum

Comments