Lika-Liku Jabatan Gue

Assalamu'alaikum
Salam sejahtera

Lama banget yah gue ga ngeblog. Padahal gue lagi nyusun postingan tentang Lalinju 2013, ya tapi seperti biasa bawaannya males. Oke dan dari kemaren-maren gue udah dapet ide yang insya Allah lebih cepet dikerjain dan bisa kalian baca segera. Dan cerita itu adalah Lika-Liku Jabatan Gue...

Jabatan? Jabatan apaan bro? Jabatan di kelas? Ga deng.

Nah, seperti yang udah gue tulis di beberapa postingan sebelumnya kalo gue masuk tahap Orientasi dan akhirnya lanjut ke tahap OL. Sekarang, angkatan gue dah punya OSIS MPK sendiri dan sudah dilantik pada 8 September 2013 silam. Namanya

DVADASA LAKSMANA ADIKARA....!!
LASKRA....!!

Oke kita mulai Lika Likunya
LANGSUNG KE TEKAPE.......!!!

Awal yang paling awal lika liku ini terjadi saat AKTUAL 2012. Kala itu, gue berorasi depan temen-temen dalem bus 5 bahwa gue pengen jadi pengurus seksi Rohani Islam OSIS. Visi gue saat itu adalah memberantas kaum sange yang marak terjadi di antara teman-teman. Lah ya 1 bus ngakak semua. Apalagi kan waktu itu mentor gue Koor Rohis Dresta, kak Ariq Rafif. Saat itu gue ngebet ngomong pengen jadi Ketum, cuma gue ga berani jadinya ngomong rohis deh. Hehehe

Awal yang kedua lika-liku ini saat tahap LDKS. Kita disuruh isi angket keberminatan jabatan. Dan peristiwa saat AKTUAL pun terulang. Gue lagi-lagi ga terlalu pede jadi ketum. Makanya gue isi lagi-lagi "Sie. Rohani Islam". Rupanya, selain ga pede jadi ketum, gue juga lebih seneng jadi Rohis. Biar lebih aman nyaman tentram. Apalagi saat apel penutupan LDKS yang dikomandoi #12, gue jadi pembaca doanya. Latihannya sama kak Farhan. Yaay..

Kisah ini berlanjut hingga tahap Orientasi. Ya benar gue direkom ke tahap seleksi akbar ini. Suatu hari, sekitar 112 dari 120 anak yang direkom kumpul di plaza buat nembak mentor. Gue udah dari awal pengen jadi anak mentornya kak Farhan. Biar lebih tenang damai. Jadilah ajang tembak mentor pake sniper dimulai.

Karena yang ngerubunin kak Farhan seperti antre operasi pasar, maka beliau melaksanakan seleksi dengan nanya-nanyain hal berkaitan dengan kakak Dresta. Dan pertanyaannya yaitu "kapan Dresta dilantik?" berhasil gue jawab dengan perfecto ala combo dan akhirnya menjadi anak mentor kakak Rohis 1 ini bersama Tude, Naufal Thirafy, Naufal Mahdyan, dan Kevin Kanaka. Kehidupan lengkap sudah.

Mulai membangun megaproker untuk diajukan dalam Tes Proposal tahap Orientasi. Nametag dulu yang diurusin yee. Nametag gue gambarnya masjid yang katanya Yazi mirip PLTN di Turkmenistan. Senior gue di situ mentor AKTUAL gue, kak Ariq Rafif dan mentor gue kak Farhan. Karena ga ada keterangannya, maka orang pusing nentuin gue mau jabatan apa. Gampang kok bedainnya. Kalo kak Ariq Rafif ga tugas di tahap Karisma 2013 sedangkan kak Farhan tugas dari awal Karisma sampe pulang OL.

Oke nama proker gue SkyKhazanah dan dilaksanakan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah. Bisa dibilang cukup sukses saat dipresentasikan di depan penguji. Mau tau lebih lanjut, baca aja postingan gue tentang Orientasi Day 4 : Tes Makalah. Lumayan nambah jumlah viewers. Oh iya waktu tahap Orientasi yang berminat jadi Rohis tuh setau gue selain gue, ada Tama, Jihan, Nanda, dan Fikri Fardiansyah. Konon, nametagnya Fikri ada ayat Al-Qurannya jadi gimana ya kalo dia masuk toilet saa
t sebelum pengumuman xmenuju OL? Kan harus tetep pake nametag di Labsky. Malahan selain gue dan Jihan, yang lainnya maunya jadi Rohis 1 gara-gara aturan saat itu koor seksi harus ikut paskib dan mereka ga mau ikut paskib. Kalo gue sih jalanin aja. Woles. Tapi liat aja nanti.

Betapa senang dan gembiranya gue saat lolos ke tahap OL broo!!! Jumat, 17 Mei 2013 gue buka surat di mobil dan hasilnya direkom! Senior dan mentor gue pun ikut-ikutan seneng. Tapi, harus diterima fakta bahwa di Caprol #12 saat itu cuma gue dan Jihan yang mau jadi Sie. Rohis. Gue pun termasuk yang digadang-gadangkan sama temen-temen. Jujur, gue sendiri udah pewe sama posisi yang gue mau a.k.a. Rohis. Bener-bener pengen.

Di tahap Pra-OL, kak Fidela membacakan kelompok Pra-OL sampe OL #12. Betapa senangnya lagi gue ketika nama gue disebut paling awal dari yang lain. This is langka moment. Bersama Raihan Rafly, Pipit, Naufal Mahdyan, Asyifa, Erin, dan Lia, gue berada di kelompok 1 dan tambah sorak sorai gembira membahana terpana nusantara ketika kak Fidela mengumumkan

"Mentor kalian adalah kak Farhan Auliya."

Jadi, mentor gue dari tahap Orientasi sampe nanti pulang OL adalah orang yang sama. Jabatannya sebagai Rohis memudahkan gue untuk bertanya-tanya pada beliau. Di tahapan ini, kegiatannya macem-macem. Hingga puncaknya itu 64 dari 65 Pesol 2013 berangkat OL ke Lembah Pertiwi, Puncak karena Alco sakit. Kesenengan gue dan kak Farhan memuncak ketika gue dan Asyifa yang notabenenya 1 kelompok menjadi peserta favorit OL 2013. Katanya dia gini

"Ini prestasi terbesar gue selama menjadi mentor!"

Di balik lika-liku jabatan gue, ada 1 kisah yang masih membekas. Bahwa beberapa guru nyaranin gue jadi Ketum, jangan Rohis. Mereka nyayangin kalo gue jadi Rohis. Memang niat awal gue saat baru masuk Labsky tuh jadi Ketum. Tapi karena minder, gue jadinya milih Rohis. Tapi, niat itu gue naikkan pelan-pelan ke permukaan dan baru muncul saat hari pertama masuk sekolah th 2013/2014. Waktu itu, yang berminat jadi Ketum dikumpulin di depan TU buat didata. Awalnya, kalo ketum OSIS ada gue, Aufa, Fayka, Kanisa, Inka, Abim, Daffdu, Uqi, Rafdan, dan Agun dan kalo ketum MPK ada Tude, Rania, Eki, Saras, Talitha, dan Ime.

Beberapa hari kemudian, Inka dan Abim ngundurin diri karena ga dapet restu dari Ortu. Jadilah 8 balon ketum OSIS dan 6 balon ketum MPK. Kita dikasih lembar surat pendaftaran, surat rekomendasi guru, dan surat rekomendasi siswa. Setelah ada beberapa kesalahan, akhirnya kita mengikuti aturan baru untuk minta rekomendasi dari guru dan siswa. Setiap guru bisa rekom semua balon ketum. Halal hukumnya.

Kedua senior gue terkejut ketika tau gue menyalonkan diri jadi Balon Ketum. Waktu itu, gue lagi minta rekomendasi guru di ruang guru. Tiba-tiba, kak Farhan dan kak Ariq Rafif lewat an then mereka ngeliat gue megang surat rekomendasi itu. Kan kaget ngeliat orang yang nonjolin diri jadi rohis tiba-tiba daftar jadi balon ketum. Kalo kata gue, yang paling kaget sama kecewa tuh mentor gue, kak Farhan. Soalnya dia udah dari dulu bimbing gue sebagai orang yang mau jadi rohis di tahap Karisma. Sampe-sampe dia bilang gini sama gue waktu di plaza :

"Kenapa nametaglu dari awal bukan ketum? Pehape!"

Itu masih membekas di hati gue sampe sekarang. Di perjalanan pulang ke rumah, gue terus mikirin kalimat yang keluar dari mentor terlama gue ini. Mau gimana lagi? Kan ga bisa ngundurin diri.. Ah lebih baik jalanin aja apa yang udah lo putusin. Jangan berhenti tengah jalan.

Tes Caketum pun dimulai dengan tes agama. Sambil nunggu tes agama, kak Fidela cerita-cerita waktu dia ikut seleksi caketum ini. Penguji dari guru ada bu Elin sama bu Athiyah, sedangkan dari OSIS ada kak Farhan dan kak Ariq Rafif. Widih. Yang ada waktu gue dites, kak Farhan tetep nyuruh gue jadi Rohis. Gini katanya :

"Rohis aja, rohis..."
"Ya kita liat nanti laa" sahut gue yang coba nenangin diri.

Akhirnya tes agama tuntas dan yang udah langsung ke depan ruangannya pak Ucok. Oh iya patut diceritakan bahwa setelah disarankan ortunya, Daffdu mundur di tengah jalan.

Di depan ruangan pak Ucok, kita wanti-wanti tes visi misi yang membahana. Aufa pun masuk dan akhirnya keluar dengan muka cukup woles karena visi misinya cukup disukai. Akhirnya giliran gue masuk ruangan pak Ucok buat diseleksi. Di dalem, ada pak Ucok sama pak Iman dari guru serta kak Fidela dan kak Adykarta dari kakak Dresta. Kalo OSIS dites pak Iman kalo MPK dites pak Ucok.

"greget"

Akhirnya, gue jabarin tuh visi misi yang dibuat dalam satu malam. Gokil kan? Makanya gue udah agak ga yakin sama visi misi yang gue buat. Cukup sulit pelaksanaannya. Parahnya, waktu dites gue bahas salah satu misi gue diulang-ulang 3 kali dan gue gemeteran. Itu yang dibahas pak Iman. Kalo kakak Dresta sih ga kasih komentar seinget gue. Gue keluar ruangan dengan ekspresi syok. Selang beberapa lama, gue dapet kabar kalo kata kak Adykarta, gue tuh yang paling lucu presentasinya soalnya gemeteran.

Beberapa hari kemudian, kita tes makalah. Makalah gue judulnya "Reformasi Karakter Berprinsip 5 Panduan Hidup". Wih greget. Meskipun gue udah nervous waktu nontonin temen-temen gue presentasi, akhir kata waktu gue giliran presentasi, gue udah ga nervous, malah ketagihan ngomong. Presentasinya emang blom selesai waktu gue distop gara-gara waktu. Tapi, yang unik adalah gue bawa-bawa soal UU pernikahan. Itu lumayan bikin ngakak.

Ya bisa dibilang sukseslaa. Ketika Aufa presentasi, saking frustasi dibantai pertanyaan oleh penguji mengenai keberhasilan Labsclean,

"Mungkin, saya akan mengadakan Labsclean of The Year." sabdanya.

Bikin suasana tegang jadi cair deh..

Mingdepnya, kita libur lebaran cukup lama. Maka, libur lebaran menyebabkan rasa penasaran akan siapakah yang maju menjadi caketum menguat.

Waktu masuk sekolah lagi, kan ada halal bihalal. Begitu kak Farhan dan kak Ariq Rafif lewat depan gue, suasananya meriah banget. Kak Ariq Rafif ngerangkul gue dan kak Farhan meluk gue. Dalam hati gue, kan mereka tau kalo gue udah jadi balon ketum. Ya tapi syukurlah kalo mereka masih hepi-hepi. Lebih baik dikirim ke Las Vegas pake TIKI.

Pulang halal bihalal, balon ketum kumpul di ruangan pak cep buat dibriefing sama pak Ucok dan pak Iman. Katanya, yang maju jadi Caketum bakal ditelepon jam 10. Abis diberikan 'siraman rohani' oleh pak Ucok, kita bubar dan gue pulang.

Jam 10 tiba tapi pak Iman belom nelepon gue. Jam segitu sih emang gue masih ada di Labsky nunggu ditelepon pak Iman. Selain itu, gue juga mau ngeliat meriahnya suasana kalo Aufa direkom jadi caketum. Kan idola sejagat. Faktanya 30 menit berlalu dan belum ada kandidat yang ditelepon. Ya udah gue pasrah. Di jalan pulang, gue di BBM sama Aufa kalo dia nanyain gue udah ditelepon belom. Ya karena belom gue jawab belom. Gue sih pasrah aja ditelepon ga ditelepon. Maju seneng belum jadi caketum seneng.

Jam setengah satu, ketika gue tahiyat akhir shalat Zhuhur, hape gue bunyi. Karena penasaran yang nelepon pak Iman, gue lari secepet kilat ngambil hape di ruang makan. Tapi panggilannya selesai duluan. Kan gue berusaha nelepon nomor tadi, tapi ga bisa-bisa. Akhirnya gue curhat di grup WA Capsis Capmpk. Ternyata nomor yang nelepon gue tadi bukan pak Iman karena ga sesuai dengan nomor pak Iman yang dikasih Priska. Ah biarin. Terus kan gue coba telepon pake BB gue. Akhirnya nyambung juga dan pak Iman angkat panggilan gue.

"Assalamu'alaikum"
"Waalaikumsalam"
"Bapak, ini saya Fadhlan. Ini pak Iman bukan?"
"Iya Fadhlan, ini pak Iman."
"Ada apa pak?"
"Yaa selamat kamu jadi caketum."
"Alhamdulillah makasih pak... Pak, selain saya, siapa aja yang jadi caketum?"
"Saya udah hubungi yang lain, tapi hapenya mati. Tolong kamu kasitau ya yang jadi balon ketum hapenya tolong dinyalain."
"Oke pak. Assalamu'alaikum"
"Waalaikumsalam"

Kabar gembira ini gue beritakan di grup WA dan BBM capsis capmpk. Ucapan selamat mengalir. Lekas itu gue sampaikan pesan pak Iman dan gue telepon Aufa. Yang ngangkat adiknya. Katanya, "mas Aufa lagi tidur." Kan gue kasitau kabar ini ke dia.

Beberapa jam kemudian, gue dapet kabar kalo yang menjadi kandidat itu ada

Caketum OSIS :
1. Fadhlan a.k.a. gue sendiri
2. Aufa a.k.a. kades
3. Kanisa a.k.a. PJ tongkat

Caketum MPK :
1. Eki a.k.a. supertinggi
2. Talitha a.k.a. Nametag ketum MPK
3. Tude a.k.a. Wakades

Besoknya, kita dibriefing dan gue dapet nomor urut 3. Kanisa 1 Aufa 2 Gue 3. Caketum MPK tuh Talitha 1, Eki 2, Tude 3. Briefing blablabla mengenai ketentuan kampanye. Pulang-pulang kita order selendang caketum dan ngurusin pamflet banner kampanye. Yu mas know thet kalo gue ngabisin dana hampir 800 ribu buat kampanya. Muahal re'. Kalo kata bapak gue sih biarin aja soalnya uang segitu menurutnya ga sebanding sama pengalaman yang gue dapat dan ga ada di buku sekolah.

Kampanye dimulai. Kita pake baju adat daerah masing-masing. Terimakasih gue ucapkan buat Aufa yang udah minjemin celana batik betawi panjangnya ke gue karena gue pake kostum betawi walaupun gue orang Sunda. Kata bapak gue pake kostum sunda itu ribet jadinya pake kostum betawi baju koko+peci+sarung di bahu+celana batik panjang. Kampanye caketum itu cukup melelahkan. Juru bicara gue itu Ayu sama Fathan. Kalo Kanisa ada Mikail sama Ica, dan Aufa punya Farrel dan Nindy.

Suka duka dateng menghampiri gue. Nasib pelajaran, makalah LPIR yang cukup terbengkalai dan diambilalih urusannya sama Nadika dan Dhantyo sehingga gue cuma bikin presentasinya, dan kondisi fisik serta serangan mental. Ini kan namanya pelajaran hati teguh. Jujur, saat kampanye, gue pernah ngalamin masa down parah di mana temen-temen cukup banyak yang mojokin gue. Mereka lebih dukung Aufa jadi ketum. Kalo mereka bilang

"ah lu jadi rohis aja dlan.. Soalnya lu cocok."

Emang sih dan gue juga merasa. Jadinya sama-sama maklum. Tapi, di peranan ini gue juga butuh dukungan, setidaknya biar ga kalah telak gitu. Hingga gue pernah bilang sama bapak gue kalo ada baiknya gue mundur. Tapi, bapak gue tetep support jangan sampe gue mundur jadi caketum. Udah bagus-bagus kok mundur. Semangat gue naik lagi.

Finalnya pun tiba, Selasa, 27 Agustus 2013. Saat pelajaran Biologi atau sekitar jam 8 pagi, Alkin selaku MPK Dresta dan Rana selaku capmpk dateng ke kelas gue dan ngumumin Pemilos. Surat suara pun dibagikan dan gue satu-satunya caketum di 8D ga ngisi surat suara gara-gara gue caketum. Banyak yang teriak-teriak "Aufa" dan ada aja yang dengan ngocolnya nunjukin isi surat suara mereka yang kebanyakan mojokin gue. Ah gue sih tanggepin dengan ketawa aja. Mereka pun berlalu.

Siangnya, diadakan penghitungan suara di depan TU dan dihadiri ratusan massa FPI siswa Labsky. MPK dulu yang diitung. Untuk caketum MPK, hasilnya ga terlalu ngenes kaya Pemilos 2012 lalu. Tude menang, disusul Eki dan terakhir Talitha. Giliran caketum OSIS. Kalo ini, hasilnya cukup ekstrem jaraknya. Lo harus tau kalo jumlah suara caketum OSIS sebagai berikut :

1. Kanisa : 16 apa 18 suara gitu
2. Aufa : 340 suara
3. Fadhlan : 150 suara
4. Tidak sah : 54 suara

Tak usah diceritakan kenapa suara kanisa lebih sedikit dari pada suara tidak sah karena kisahnya tak patut diceritakan. Karena suara gue pun tak lebih dari setengah suaranya Aufa, maka jelas pemenangnya adalah temen yang paling sering dampingin gue berangkat shalat waktu SD akhir kelas 6, Aufa. Ini adalah kali kedua yang gue ketahui alumni Muma memimpin OSIS MPK Labsky. Sebelumnya, ada kak Nurlia yang menjadi waketum MPK Dasa dan naik jabatan waktu ketum MPKnya diseniorkan.

You know laa siapa yang akan memakai talkom kuning ke depannya siapa. Tapi, gue pun pasrah dan seneng karena kemungkinan jadi Rohis hidup lagi. Lupa disampaikan bahwa sebelumnya kak Farhan telah mengikhlaskan keberangkatan gue menjadi caketum OSIS waktu ExpoExkul 2013 alias setelah debat caketum.

Kini, giliran Aufa dan Tude berunding dengan Pak Iman selaku MPO kita dan Pak Ucok selaku wakasek bidang kesiswaan yang paling rajin turun ke lapangan mantengin aktipitas siswa Labsky untuk menentukan jabatan. Gue pun mulai magang di masjid dan tadarus untuk nambah pengalaman karena besar kemungkinan jadi Rohis. Magangnya paling sering bareng Daffdu karena di kabinet bayangan Aufa, Daffdu jadi Rohis 1. Tapi, kak Farhan juga nyuruh Abiyyi magang karena suatu hal.

Hingga akhirnya Aufa dan Tude mengumumkan jabatan yang akan kita peroleh saat menjadi OSIS MPK nanti. Betapa senangnya gue ketika Aufa berkata

"Koordinator Rohani Islam : Fadhlan Ramadhan Sahid"

1 ruangan bersorak sorai kaya orang panik. Lika-liku jabatan pun berakhir dengan ditempatkannya gue di posisi yang hampir final. Setelah terombang-ambing jabatan berbulan-bulan, akhirnya mendapat hampir suatu kepastian. Oh iye partner gue ada Rohis 1nya Daffa Ananda Rialdo a.k.a. Daffdu dan Rohis 2nya Rizana Salsabila a.k.a. Salsa. Rohis empekanya ada Naufal Mahdyan Risky selaku koor dan M. Ihsan Rahman selaku Rohis 1.

Latihan Lalinju 2013 mulai dengan posisi jabatan. Senior gue pun sesuai dengan nametag Orientasi dan mentor AKTUAL itu, kak Ariq Rafif. Doa gue sekian lama terwujud. Kegembiraan mencuat. Senior gue pun gembira. Hari itu, semua mulai gembira.

Ada suatu mantra Rohis yang kak Ariq Rafif kasitau ke gue.

"Coba lu ngomong, "IYAAIYY" ( pake suara cempreng ala carte rohis )".

Hingga puncak perjuangan, final lika-liku jabatan yang sesungguhnya, serta kebanggaan #12 terjadi pada Minggu, 8 September 2013. Pasca lari 9 km dari Menpora melalui 3 pos, kami, Capsis Capmpk #12 tiba di Labsky dan dilantik resmi menjadi OSIS MPK. Mengakhiri lika-liku jabatan berbulan-bulan lamanya. Setelah 11 bulan pascapernyataan kebermintan jabatan di bus 5 AKTUAL 2012, gue pun disiram oleh mentor gue kala itu yang kini menjadi senior gue.

"Ketika ucapan di atas bus 5 AKTUAL 2012 menjadi kenyataan"




Comments

Post a Comment